DISKUSI ‘PASANGAN’




Kemarin malam, seperti biasa. Saat menonton TV adalah saat quality time dengan keluarga. Kala itu kami sedang menonton Berita Islami Masa Kini yang ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi swasta. Kebetulan pembahasannya mengenai ‘Pasangan’. Itu sedikit menyerempet keberadaanku.


Baiklah, berkaitan dengan pembahasan dalam tv tersebut muncullah sebuah paradigma mengenai perempuan baik untuk laki-laki yang baik. Saya yang pada awalnya melontarkan ayat al-quran ini, dan mengalirlah sebuah diskusi yang menurut my bokap berpendapat bahwa tidak mungkin perempuan tidak baik mendapatkan lelaki yang baik, lelaki berzina mendapatkan perempuan yang suci, dan begitupun sebaliknya. Karena dalam nash al-qur’an sudah sangat jelas dipaparkan bahwa perempuan baik hanya untuk lelaki yang baik, perempuan tidak baik untuk lelaki yang tidak baik pula, pasangan lelaki berzina adalah perempuan berzina juga dan pasangan wanita yang menjaga kesuciannya adalah lelaki yang juga menjaga kesuciannya.

Nah, disinilah, muncul pendapat mimi yang berkata bahwa “Ya, kalau lelaki itu dulunya jahat dan berniat untuk kedepannya menjadi baik dan tidak melakukan kejahatan lagi, maka akan mendapatkan perempuan yang baik, dan meski lelaki itu dulunya berzina, lalu bertobat, maka ia akan mencari perempuan yang baik-baik”

Eits, dan pendapat mimi itu dipatahkan langsung oleh my bokap. Tidak bisa, pasangannya juga akan seperti lelaki tersebut. Karena ayatnya jelas, dan Allah sendiri yang berkata. Jadi tidak mungkin hal itu terjadi. Ya, saya hanya manggut-manggut sambil berpikir, segala sesuatunya sudah Allah pasangkan. Mengapa harus galau dan gelisah. Pada akhirnya bapak saya menutup diskusi ini dengan sebuah ayat lagi yang mengatakan bahwa sesungguhnya Allah menciptakan makhluk secara berpasangan. Karena setelah itu diskusi beralih pada masalah mempermudah kehidupan orang dan berkaitan dengan nasib orang yang sholat kok kehidupannya masih susah?. Lanjuuut di artikel berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Syair Mu'allaqat

Antara Bermanfaat dan Dimanfaatkan

Syair