Sastra Arab

Apa sih Sastra Arab ?


Bagi anda yang tidak tahu, jangan sampai saya mendengar jawaban bahwa Sastra Arab adalah Sastra Onta. Karena jawaban itu menurut saya merupakan bentuk penghinaan bagi jurusan saya yang sangat dicintai ini. Memangnya onta mempunyai bahasa yang dimengerti oleh manusia, setidaknya mempunyai tata bahasa yang sama seperti manusia..? Nggak kan, onta tuh hewan, mana bisa ditelusuri sastranya. Saya tau, itu hanya bentuk becandaan, tapi ini Bahasa Arab loh, bahasa yang biasa digunakan umat muslim ketika menghadap dan berkomunikasi dengan Tuhannya, masa satra dari Bahasa Arab ini disebut Sastra Onta..?

Keterlaluan, apa ada yang pernah menyebut Sastra Inggris sebagai Sastra Yahudi misalnya (seperti yang pernah dicontohkan dosen saya yang menjelasakan bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa yang penggunanya kebanyakan kaum Yahudi sehingga pantas disebut dengan Bahasa Yahudi).

Jadi, untuk yang belum mengetahui Sastra Arab, sebenernya ada penelusuran yang lebih nyata, bahwa para sastrawan bersepakat mengemukakan Al-Qur'an adalah kitab sastra yang tiada tara, tiada bandingannya, dan yang paling tinggi jika dilihat dari Ilmu Sastranya. Dari situ udah jelas kan, bahwa Sastra Arab pada dasarnya tidak hanya mempelajari mengenai novel, prosa, puisi, cerpen, syair yang berasal dari negara-negara yang berbahasa Arab. Tetapi yang paling penting adalah bahwa Sastra Arab merupakan pengetahuan mengenai induk dari segala bentuk-bentuk karya sastra yang sudah disebutkan tadi, induknya tiada lain adalah Al-Qur'an. 

Selain itu dari segi bahasanya, Al-Qur'an adalah kitab yang paling indah bahasanya, bisa dilihat dari Ilmu Balaghohnya atau dalam ilmu umum ada yang menyebutnya sebagai Stilistika, ilmu tentang gaya bahasa sehingga akan menimbulkan keindahan suatu bahasa

Nah, dari sedikit penjelasan tersebut tersirat kan Sastra Arab ga ada hubungannya sama sekali dengan onta, malah sangat berhubungan erat dengan Al-Qur'an, yakni kitab suci umat islam. Jadi agak tidak etis jika menyebutkan bahwa Sastra Arab adalah Sastra Onta.

Salam Sarab

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Syair Mu'allaqat

Antara Bermanfaat dan Dimanfaatkan

Syair