Khan El Khalili

Novel berjudul Khan El Khalili ini adalah salah satu karya sastrawan favorit saya. Yup, Naguib Mahfoudz, satu-satunya pengarang Arab yang diakui Dunia dengan penghargaan nobel sastra yang pernah diraihnya.

Saya belum pernah menulis resensi di blog sebelumnya, namun kali ini saya ingin mengungkapkan isi dari novel yang sudah saya baca ini.

Khan El Khalili bercerita tentang seorang pemuda yang sudah tak lagi muda. Maksudnya adalah paruh baya, namun karena laki-laki ini masih single dan belum menikah, maka disebutlah sebagai pemuda. Sang pemuda ini bisa dikatakan sebagai salah satu tulang punggung keluarganya, pasalnya dia bekerja hanya untuk ibu dan membiayai kuliah adiknya.

Pada suatu ketika (ni novel berlatar belakang zaman mesir masih perang) karena suatu alasan pindahlah keluarga sang pemuda ke sebuah kota yang bernama Khan El Khalili.

Di tempat ini, sang pemuda mengalami banyak kejadian, mulai dari pertemuannya dengan gadis yang kemudian diam-diam disukainya, hingga meninggalnya sang adik yang digadang-gadang akan memberikan kehidupan yang lebih baik karena telah menuntut ilmu yang tingkatnya lebih tinggi dari sang pemuda. 

Konflik utama pada novel ini sebenarnya ditonjolkan pada keikhlasan sang pemuda terhadap gadis pujaannya yang ternyata dicintai oleh adiknya. Namun, setelah kerelaan tersebut berlangsung, tak dinyana ternyata sang adik menderita penyakit serius sehingga mengharuskannya dirawat ke senatorium. Di Khan El Khalili pula sang pemuda sempat mengalami kebahagiaan dan ditutup dengan kesedihan hingga akhirnya ia dan keluarganya memutuskan untuk meninggalkan tempat tersebut serta mengubur kenangan mereka bersama adiknya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Syair Mu'allaqat

Antara Bermanfaat dan Dimanfaatkan

Syair