Al KINDI DAN PEMIKIRAN FILSAFATNYA (Bagian Akhir)


BAB III
PENUTUP

Al-kindi adalah filosof islam yang pertama, bahkan satu-satunya filosof islam yang berasal dari arab. Oleh karena itu, ia dijuluki filosof arab. Dialah yang berjasa mendirikan  institusi bagi pemikiran yunani dalam peradaban barat.

Menurutnya, sesungguhnya Allah menjalankan alam materi ini melalui hukum-hukum alam yang telah dia tetapkan, yang berfungsi sebagai jalan yang harus dilalui oleh materi tersebut. Tanpa ada campur tangan Allah hokum-hukum yang menjalankan alam semesta ini terbatas pada ruang dan waktu. Sedangkan Allah bersifat qadim. Dialah sebab pertama, sebab yang hakiki, sebabnya sebab, dia bertindak dan tidak memberi reaksi, Dia melihat dan tidak dilihat, Dia menggerakkan namun tidak bergerak.

Simpulan

Dalam filsafat ketuhanan al-kindi, dia berpendapat bahwa alam itu temporal dan berkomposisi, yang karenanya ia membutuhkan pencipta yang menciptakannya “yang Esa yang Hak adalah yang pertama yang menahan segala yang diciptakan, sehingga sesuatu yang tidak mendapat pertahanan dan kekuatan-Nya pasti akan hancur”

Perlu ditambahkan disini bahwa di dalam keteraturan alam ini, aksi sebagiannya terhadap sebagian yang lain, ketaatan yang sebagian terhadap sebagian yang lain, penundukan sebagian terhadap sebagian yang lain, pengokohan kondisinya pada kondisi yang terbaik dalam keberadaan setiap entitas, rusaknya setiap entitas yang rusak, permanensinya setiap hal yang permanent dan hilangnya setiap hal yang bias hilang, terdapat indikasi terbesar atas tatanan yang amat canggih padahal bersama setiap aturan pasti ada yang mengatur. Demikian pula menunjukkan pasti ada hakim (pengatur hikmah itu).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Syair Mu'allaqat

Antara Bermanfaat dan Dimanfaatkan

Syair