‘I’M GONNA MAKE IT MINE’



Bergulat dengan karakter yang jauh dari yang diharapkan merupakan pelatihan kesabaran. Bertatap muka dengan orang lain dengan pemikiran –entah bagaimana menggambarkannya- hingga harus mengelus dada berkali-kali merupakan tantangan tersendiri. Terlepas dari moral dan nilai yang coba ditanamkan pendidik kepada muridnya. Bagian diri manusia memang cenderung untuk unggul dari pada yang lain.  Bentuk keunggulan tersebut dapat berupa pendidikan, keturunan, dan jabatan.


Bagi beberapa orang yang mempunyai keunggulan, tidak sedikit pula yang menggunakannya untuk mengintervensi orang lain. Baiklah, kita akan berbicara hak sehingga hal itu menjadi lumrah mengingat hak masing-masing manusia untuk menggunakan keunggulan yang dimilikinya. Tetapi harus ditegaskan pula bahwa orang yang diintervensi itu mempunyai hak untuk menerima atau menolak adanya intervensi tersebut. Dan kali ini, untuk sebuah institusi yang mengiming-imingi jabatan tanpa menyadari hak dan kewajiban yang harus diberikan kepada para pelaku di dalamnya, akan terdengar sangat ironis kala mendapati pelaku tersebut mempunyai peluang yang tidak terpaku pada satu institusi saja.

Meski ada beberapa nanar mata yang menatap, mereka tahu apa yang diinginkan oleh orang yang hanya ingin mengabdi dalam dunia pendidikan. Bukan hanya status yang akhir-akhir ini dijadikan prestige untuk keunggulan tersendiri. Bukan pula berarti merekalah ‘orang-orang berkuasa’ yang menentukan apa yang akan terjadi pada kehidupanku. Karena diatas orang berkuasa ada yang Maha Kuasa. Meyakini apa yang sudah diusahakan dan diharapkan menjadi hal wajib dalam keparcayaan kepada sang Maha. Oleh karena itu, apa yang ada dalam pikiran dan angan, mereka tidak bisa mengintervensi maupun menentukan akhir yang akan dijalani. Mohon maaf sebelumnya, tapi takdirku ada dalam genggaman sang Maha, pun dengan diriku sendiri. I’m gonna make it mine, for all that things that i hope.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Syair Mu'allaqat

Antara Bermanfaat dan Dimanfaatkan

Syair